Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Semoga Dapat Memberikan Manfaat Buat Anda Semua.

Selasa, 20 September 2011


Sekolah Kemana ya Anakku?

Saat ini berbagai macam tawaran yang diberikan oleh banyak sekolah untuk menggaet para calon orang tua agar meyekolahkan anak didiknya demi mendapatkan pendidikan yang bagus berkualitas. Jika kita tidak cermat dan teliti untuk menyekolahkan putra putri kita maka kita akan kecewa dikemudian hari. kita harus betul-betul mencari agar mendaptkan pendidikan yang baik dan berkualitas buat putra-putri kita. jika anda para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya ditempat yang tepat maka saya mencoba menawarkan sebuah sekolah yang berwawasan kedepan silahkan anada bisa datang langsung ke sebuah sekolah yang berwawasan internasional dan berorientasi kepada akhlakul karimah. Selain itu daya tarik dari sekolah tersebut adalah salah satu sekolah yang mencoba menerapkan sebuah pendekatan paradigma baru yakni Multiple Intelligences Howard Gardner. MI multiple intelligences pada anak. Konsep tersebut memang bukanlah merupakan pendekatan baru tapi telah lama dikembangkan oleh Howard Gardner seorang pakar pendidikan bertarap internasional. tapi uniknya di Lazuardi Paradigma tersebut benar-benar sedang diterapkan sejak beberapa tahun yang lalu.

mari kita tengok sedikit untuk lebih mengenal tentang sekolah tersebut :

kenapa ia hadir?

kita semua tahu di masa yang akan datang Masa-masa mendatang akan makin ditandai dengan munculnya persaingan yang ketat; pergaulan global yang makin intens; perubahan-perubahan yang amat cepat di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi; tantangan terhadap, sekaligus kebutuhan kepada kehidupan keberagamaan yang lebih bermoral serta timbulnya ekses krisis sosial dan lingkungan. Untuk menjawab tantangan-tantangan Yayasan Lazuardi lahir untuk mengabdikan diri pada dunia pendidikan.

Apa yang menjadi concern Lazuardi?Visi lazuardi adalah untuk Mencapai world class school yang dapat menjadi sumber inovasi dan kreativitas dalam upaya perbaikan terus-menerus falsafah, prinsip, sistem, dan praktik pendidikan serta mendorong ke arah pemerataan pendidikan berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Misinya adalah Membekali siswanya untuk dapat memiliki kesemua bekal bagi suatu kehidupan yang baik, di dunia dan di akhirat, mengadvokasi pemerintah untuk mengembangkan sistem pendidikan yang baik dan accessible untuk seluruh masyarakat Indonesia, serta mendorong tumbuhnya sekolah-sekolah yang berkualitas.

Apa yang menjadi goals (sasaran) Lazuardi?Dengan berlandaskan konsep Taksonomi Bloom yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, proses pembelajaran diharapkan mengembangkan life skills siswa didik ke tingkat yang paling tinggi termasuk :
· Kompetensi personal : beriman kuat, bertakwa dan berakhlak mulia, percaya diri dan kreatif
· Kompetensi social : menguasai kemampuan komunikatif, memiliki kemampuan menjalin dan membangun relasi dengan kelompok masyarakat yang beragam, memiliki keprihatinan sosial, dan cinta lingkungan
· Kompetensi akademik : menguasai kemampuan-kemampuan dasar, memiliki kecintaan kepada ilmu-pengetahuan, tahu cara mengembangkan ilmu, memiliki wawasan luas, dan menguasai kemampuan riset
· Kompetensi vokasional : memiliki keterampilan tinggi di bidang tertentu


Apa yang menjadi tujuan kelembagaan Lazuardi ?

Menjadi world class school, yang memiliki ciri-ciri :
· Memiliki SDM dalam jumlah cukup yang capable, terus belajar, serta bersikap dan bekerja professional.
· Memiliki organisasi dan manajemen yang supportive.
· Selalu memiliki perencanaan-perencanaan yang sistematis.
· Memiliki standar-standar best practice dan menerapkannya dengan sebaik-baiknya.
· Memiliki sistem monitoring dan control untuk memastikan best practice berjalan disamping juga membuka ruang bagi continuous improvement.
· Memiliki resources yang cukup untuk menyelenggarakan organisasi dengan sebaik-baiknya.

Layanan apa yang diberikan Lazuardi?
· Penyelenggaraan pendidikan tingkat Pra TK/TK, SD, SMP
· Pengembangan program dwi bahasa
· Program pendidikan khusus (special education)
· Penyelenggaraan Pusat Tumbuh Kembang dan Edukasi Pelangi Lazuardi
· Pengembangan parenting skills

Nilai-nilai pedagogis apa yang dianut Lazuardi dalam memberikan layanan?· Memandang bahwa setiap siswa memiliki kecerdasan yang khas sesuai dengan konsep Multiple Intelligences Howard Gardner.
· Memandang lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tak terbatas.
· Memandang sekolah sebagai rumah kedua bagi seluruh civitas.
· Meyakini bahwa proses belajar yang memunculkan kreativitas dan daya belajar hanya akan berjalan dalam suasana yang Fun dan demokratis.


silahkan anda renungkan dan segera ambil keputusan yang tepat sebelum anda menyesal dikemudian hari. demikian yang bisa laporakan dari hasil pengamatan mengenai sekolah yang bagus dan berkualitas.

ingin tau lebih jelas silahkan anda kunjungi situs : htpp:\\www.lazuradi-gis.net


Rep. Nana Sujana

praktisi pendidikan

Tidak ada komentar: